Belajar Yoga Melalui LEANS

Selasa, 30 Apr 2024 | 10:24:19 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 159


Belajar Yoga Melalui LEANS
   

Purwakarta, (30/04/2024) – Kegiatan Program Leadership Education and Action Foundation for Sustainably (LEANS) yang diselenggarakan beberapa waktu lalu meninggalkan banyak manfaat dan ilmu terutama bagi peserta salah satunya terkait pelatihan yang dilakukan setiap pagi sebelum mendapatkan materi yaitu Yoga.

Cokorda Istri Dewi, Executive Vice President United in Diversity (UID) menjadi pelatih Yoga bagi peserta. Kegiatan yoga tersebut berlangsung selama 2 jam sebelum pelatihan di mulai.

Menurut Dewi, cita-cita pelatihan ini mampu meletakkan transformasi secara sistemik dengan cara bergotong royong. Bukan hal yang mudah karena kompleks dan kunci utamanya adalah membangun kesadaran pelaku yang ada di sistem pendidikan tersebut untuk memiliki ketangguhan, memiliki keyakinan, niat yang jernih, tekad yang luas untuk betul-betul menjalani segala sesuatu apakah itu baik atau penuh tantangan dan tekanan itu bisa dihadapi dengan ringan.

Yoga adalah salah satu ilmu kuno warisan nenek moyang untuk melakukan transformasi pada pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut.

Dari Yoga ada 4 (empat) disiplin yang dilakukan. Pertama, melatih postur tubuh kita supaya selaras dengan yang dengan yang namanya energi yaitu energi semesta, energi matahari dan bulan karena berpengaruh pada kerja organ tubuh bahkan kerja energi di dalam tubuh kita dan untuk mencapai perkembangan spiritual yang lebih baik. Selama ini kita hanya bicara jasmani padahal ada tubuh energi dalam diri kita. Yoga ini akan mampu mengaktifkan energi-energi yang kita punya.

Kedua, akan latihan disiplin pernafasan. Pernafasan adalah kunci dari hidup kita yang jika bermasalaha tentunya akan memiliki energi yang rendah sementara tantangan cukup besar dan kompleks akibatnya kita akan sulit bertransformasi dan membuka sumbatan-sumbatan yang ada di dalam tubuhnya dan berpengaruh pada kesehatan fisik, mental dan ketangguhan menghadapi situasi.

Ketiga, vibrasi yang ada di dalam dirinya dan yang terakhir adalah meditasi yang berfokus pada diri kita agar kita bisa menjaga jarak dengan pikiran dan emosi yang sering kali emnguasi bahkan membuat hidup kita sengsara melebihi dari tantangan yang terjadi. Meditasi memperkuat diri peserta sehingga apapun tantangannya bisa melenggang dan tersenyum bahagia.

Ada 9 praktek Yoga yang dipelajari oleh peserta LEANS 2024 antara lain: Ardha Siddhasana, Patangasana (Butterfly), Sishupalasana (Rochk The Baby), Nadi Vibhajan (Cat Stretch), Sukha Kriya, AUM Vibration, Bhastika Pranayama, Khumbaka dan Vippasana Meditation. (MH/Red.)



Selasa, 30 Apr 2024, 10:24:19 WIB Oleh : Mira Habibah 195 View
Purwanto: Menyemai Karakter melalui TdBA di PAUD
Senin, 29 Apr 2024, 10:24:19 WIB Oleh : Mira Habibah 235 View
Kang Yoto Mantan Bupati Bojonegoro jadi Narsumber LEANS Disdik
Senin, 29 Apr 2024, 10:24:19 WIB Oleh : Mira Habibah 120 View
Kadisdik: Kebiasaan Baik Akan Jadi Jalan Tol Saraf-Saraf Kita

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE