Purwanto: Menyemai Karakter melalui TdBA di PAUD

Selasa, 30 Apr 2024 | 10:27:44 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 185


Purwanto: Menyemai Karakter melalui TdBA di PAUD
   

Purwakarta, (29/04/2024) – Dalam rangka meningkatkan kompetensi Kepala dan Guru TK dan PAUD, Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Self Learning Institute (SLI) mengadakan kegiatan Pelatihan TdBA jenjang TK dan PAUD yang berlangsung di Villa Pawenang Bojong pada hari Senin, 29 April 2024.

Kegiatan tersebut dibuka dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd, Pengawas TK dan PAUD serta guru, Kepala Sekolah TK dan PAUD dari Kecamatan Darangdang, Bojong, Wanayasa, Kiarapedes, Purwakarta, Jatiluhur dan Sukasari. Kegiatan tersebut menghadirkan nasarumber CEO Self Learning Institute (SLI), Mochamad Irvan Efrizal dan Team Pengembang TdBA, Heni Puspitasari.

Dalam sambutannya Purwanto mengatakan Tatanen di Bale Atikan (TdBA) adalah pendidikan karakter untuk menumbuhkan kesadaran ekologis (mencintai lingkungan) sejak usia dini.  Untuk pembelajaran di PAUD bisa dengan memperkenalkan alam dan lingkungannya melalui nyanyian.

“Kenalkan kembali anak didik pada air dan falsafahnya, cara makan yang baik dan sehat, kegiatan belajar mengajar yang sederhana seperti memungut sampah, membuat bahan ajar dan mainan dari daun pelepah pisang dan singkong. Memanfaatkan kertas bekas, botol mineral biar pendidikannya tidak mahal” ungkap Purwanto.

“Harus mulai diajarkan hal-hal positif yang berasal dari lingkungan. Saya nitip bahwa kita harus mempunyai sikap percaya diri dan optimis bahwa pendidikan karakter ini bisa dikerjakan di sekolah. Ajak ngobrol orang tua karena program kolaborasi dan gotong royong di sekolah tidak akan berhasil tanpa bantuan orang tua”

Dalam kegiatan pelatihan ini, guru-guru TK diberi pemahaman yang mendalam bahwa TdBA adalah sebuah gerakan Pendidikan karakter dimana semua guru terlibat. Guru PAUD merupakan fondasi awal dalam penanaman karakter salah satunya dengan menciptakan sebuah pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik salah satunya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Aku Sayang Bumi" dan projeknya adalah menanam microgreen.

Dalam kegiatan ini pula diberikan pembelajaran cara menstimulus anak dalam semua aspek perkembangannya baik aspek agama dan moral, fisik dan motorik, bahasa, kognitif maupun sosial emosional. Peserta diperkenalkan cara mengolah sampah yaitu membuat komposter untuk mengolah sampah rumah tangga menjadi sesuatu yang berguna yaitu compos. Sehingga diharapkan guru-guru TK dapat mempraktikkan di lingkungan atau sekolahnya.(MH/Red.)



Senin, 29 Apr 2024, 10:27:44 WIB Oleh : Mira Habibah 223 View
Kang Yoto Mantan Bupati Bojonegoro jadi Narsumber LEANS Disdik
Senin, 29 Apr 2024, 10:27:44 WIB Oleh : Mira Habibah 117 View
Kadisdik: Kebiasaan Baik Akan Jadi Jalan Tol Saraf-Saraf Kita
Rabu, 24 Apr 2024, 10:27:44 WIB Oleh : Mira Habibah 177 View
LEANS 2024, Kolaborasi UID dengan Disdik Purwakarta dan SLI

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE